Sabtu, 14 November 2009

PENGARUH BAHASA ASING TERHADAP ANAK

Indonesia adalah Negara yang berbentuk kepulauan yang memiliki beberapa aneka macam suku-suku, adat istiadat, bahasa, kesenian, flora, fauna dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di zaman sekarang penggunaan bahasa Indonesia dikalangan anak-anak sangat beraneka ragam. Ada yang cara berbicara mangikuti seperti orang dewasa atau orang yang lebih tua dari umurnya. Kalau tidak salah ka Seto pernah berkata: ”anak, janganlah dibiarkan dewasa sebelum waktunya”. maksudnya adalah masa anak-anak yang seharusnya penuh perhatian atau kasih sayang dari kedua orang tuanya, bukan masa dewasa yang penuh kerja keras dan perjuangan . . . ???. lho . . . tapi apa hubungannya yah dengan judul diatas, sudah lupakan sajalah . . . ???. sekarang kita kembali ke inti dari pengaruh bahasa asing terhadap anak.

Disini saya akan memberikan beberapa contoh kecil pengaruh bahasa asing terhadap anak:

1. Semakin banyak anak-anak yang jauh lebih mengerti bahasa asing daripada bahasa Indonesia itu sendiri. Hal ini dikarenakan di sekolah tempat mereka belajar lebih diperdalam materi bahasa asing daripada bahasa Indonesia itu sendiri, mungkin mereka juga dituntut oleh perkembangan zaman yang diharuskan mereka bisa berbahasa asing.

2. Di tempat saya tinggal banyak anak-anak bahkan orang yang lebih tua daripada usia mereka. Ketika mereka ingin membeli sesuatu pasti kalau menyebut harganya menggunakan bahasa asing atau sedang mengadakan transaksi menyebutkan nominal angkanya menggunakan bahasa asing seperti gope, seceng, goceng,ceban dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mungkin hanya sedikit yang bisa saya sampaikan dan mudah-mudahan bermanfaat. akhir kata "wasalamualaikum wr.wb".



Tidak ada komentar:

Posting Komentar