Sabtu, 14 November 2009

Penulisan Huruf, Penulisan Kata dan Pemakaian Tanda Baca

(A) Penulisan Huruf:

1. Huruf Kapital:

Ø Setiap pagi ayah pergi ke kantor.

Ø Ibu berkata, "Saya harus ke pasar."

Ø Tunjukkan kepadaku ke jalan yang Engkau ridhoi.\

Ø Presiden Susilo Bambang Yudoyono adalah Presiden Republik Indonesia yang ke-5 dan ke-6.

Ø Nabi Muhammad adalah Nabi terakhir yang ada di bumi.

Ø Hal ini telah diatur oleh Dewan Perwakilan Rakyat.

Ø Hari Minggu saya ada di rumah.

Ø Perahu itu berlayar melalui Benua Atlantik.

Ø Para Insinyur mengadakan penelitian.

Ø Buku itu isinya tentang Ilmu Matematika Modern.

Ø Kapan Saudara main ke rumahku?

2. Huruf Miring:

* Huruf terakhir kata bodoh ialah h.

* Majalah ini berisi tentang Bahasa dan Kesusastraan.

* Politik divide et impera pernah merusak persatuan bangsa.

(B) Penulisan Kata:

1. Kata Dasar:

· Ayah pergi ke Jakarta.

· Mereka datang dari Timor Timur.

· Pohon pisang itu tumbang.

2. Kata Turunan:

§ Kebun itu dikelola oleh Paman saya.

§ Pertunjukan itu sangat bagus sehingga penonton bertepu tangan

§ Batik sudah di akui oleh mancanegara sebagai budaya Indonesia.

3. Kata Ulang:

v Kupu-kupu itu indah sekali.

v Lumba-lumba itu sangat pintar.

v Pagi-pagi sekali Ibu sudah berangkat ke pasar.

4. Gabungan Kata:

v Saya kirim surat lewat kantor pos.

v Liburan kemarin saya pergi ke luar negeri.

v Lebaran tahun ini saya pulang kampung dengan menggunakan kereta api.

5. Kata Ganti:

o Buku ini adalah milikmu.

o Akan kuambilkan minum untukmu.

o Akhirnya game yang bagus itu berhasil kumiliki.

6. Kata Depan:

ü Saya sedang berada di rumah Andi.

ü Petani itu pergi ke sawah.

ü Kamu dari mana?

7. Kata Sandang:

- Kemana perginya si Emon.

- Setiap hari senin anak-anak upacara pengibaran sang merah-putih.

- Setiap pagi sang surya menyinari bumi.

8. Partikel:

Þ Walaupun hujan ayah tetap bekerja.

Þ Pergilah kau selagi bisa?

Þ Bagaimanapun kau tetap anaknya!

9. Singkatan dan Akronim:

א DPR sedang mengadakan rapat.

א Sebuah kantor DPRD hangus terbakar tadi pagi.

10. angka dan lambing bilangan:

א Harga buku itu seribu rupiah.

א Harga sepatu itu seratus ribu rupiah.

א Harga baju itu dua puluh ribu rupiah.

(C) Pemakaian Tanda Baca:

1. Titik:

o Saya punya baju baru.

o Adik saya masuk SMP.

2. Koma:

§ Saya membeli baju, celana, dan topi.

§ Saya menjual udang, kepiting, dan ikan.

3. Titik Koma:

© malam makin larut; kami belum selesai juga.

© Ayah mengurus tanamannya di kebun; ibu sibuk bekerja di dapur.

4. Tanda Titik Dua:

ª Fakultas itu mempunyai dua jurusan: Ekonomi dan Teknik

ª Ferdy : "Jangan lupa perbaiki halaman rumah!"
Rendy : "Oke, Boss!"

5. Hubung:

¥ Anak-anak bermain bola.

¥ cara baru meng-
ukur panas

6. pisah:

C bus itu menghatarkan penumpangnya dari Jakarta-cilacap.

C Acara itu dari tanggal 25-30 desember 2008.

7. Elipsis:

~ Kalau begitu … ya, marilah kita bergerak.

~ Sebab-sebab kemerosotan … akan diteliti lebih lanjut.

8. Tanya:

® Mereka pergi ke mana?

® Dimana letak rumah Budi?

9. seru:

© Bersihkan kursi itu sekarang juga!

© Alangkah bagusnya pelangi tersebut!

10. kurung:

Pelari itu berasal dari (kota) Bandung.

Pertumbuhan pembelian tahun ini (lihat Tabel 2) menunjukkan adanya perkembangan baru dalam pasaran luar negeri.

11. kurung siku:

» Katanya, "[Anto] tidak datang ke sekolah hari ini".

» Katanya, "[Dudu] hari ini sakit".

12. petik ganda:

« kata Ketua, "Kita akan segera pergi sekarang."

« kata Ibu, "Saya harus rajin belajar."

13. Petik Tunggal:

γ “Aku mendengar seseorang memanggil, ‘tolong, tolong’, dari rumah yang kebakaran itu,” ujar Pemadam kebekaran.

14. Garis Miring:

ή Saya tinggal di RT 01/RW 09.

15. Penyikat:

σ Adi ’kan kukirim surat.

1 komentar: