Sejarah Perkembangan Mobil Listrik
Mobil Listrik pertama kali ditemukan oleh Robert Anderson dari Aberdeen Skotlandia pada tahun 1830, namun baru sembilan tahun kemudian yakni pada tahun 1839 Mobil listrik ini merupakan saat pertama kalinya diperkenalkan kepada masyarakat.
Beberapa tahun kemudian yakni pada tahun 1886 salah satu industri di Inggris memproduksi Mobil listrik yang digunakan sebagai taxi dengan menggunakan teknologi baterai 28 cell untuk mensuply motor penggeraknya. Inggris Pada tahun1897, Walter Bersey mendesain kendaraan listrik yang kemudian diproduksi oleh perusahaan London Electric Cab Company dengan menggunakan baterai 40 cell sebagai energi storage, yang mana Mobil tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 3 tenaga kuda dengan kemampuan jarak tempuh sejauh 80,5 km, sebelum diisi ulang. Dan pada 1897, Pope Manufacturing Company di Hartford Connecticut Amerika Serikat, mulai memproduksi secara massal yakni sebanyak 500 unit mobil listrik selama dua tahun, 500 unit mobil listrik merupakan sebuah jumlah yang cukup besar ketika itu. Tahun 1898 Dr. Ferdinand Porsche dari Jerman yang saat itu berusia 23 tahun, membuat mobil pertamanya dengan nama Lohner Electric Chaise yang menjadi mobil pertama berpenggerak roda depan. Kemudian pada pembuatan mobil keduanya, Porsche mulai menggunakan teknologi hybrid yang menggunakan mesin bakar untuk menggerakkan generator yang akan menghasilkan tenaga untuk memutar roda lewat motor listriknya. Di mana dengan menggunakan tenaga baterai saja mobil ini telah mampu menempuh jarak perjalanan sejauh 64,4 km.
Pada pengembangan selanjutnya, yakni pada tahun 1899 Pope Manufacturing Company mulai bergabung dengan 2 perusahaan mobil listrik lainnya, dengan membangun Electric Vehicle Company yang kemudian tercatat sebagai perusahaan yang berjasa besar bagi pertumbuhan industri mobil Amerika. Tahun 1900 Perusahaan mobil di Amerika membuat 1.681 mobil uap dan 1.575 mobil listrik serta 936 mobil bensin. Pembuat mobil asal Belgia Pieper ini, memperkenalkan mobil yang memiliki 3,5 tenaga kuda "Voiturette", serta menggunakan mesin bensin dan motor listrik di bawah tempat duduk dengan baterai yang bisa diisi ulang. Pieper mematenkan penemuannya ini pada sebuah perusahaan Belgia Auto-Mixte, yang pada perkembangan selanjutnya membuat kendaraan komersial antara tahun 1906-1912.
Tahun 1904 Electric Vehicle Company membuat 2.000 unit mobil taxi, truk, dan bus. Beberapa perusahaan kecil lainnya membangun 57 pabrik kendaraan dengan kapasitas produksi 4.000 unit.
Perkembangan Kendaraan Listrik
1835 Kendaraan listrik I mobil rel Thomas Davenport AS
1859 Baterai Lead Acid yang bisa di-isi ulang A. Plante dan C. Faure
1891 Mobil listrik pertama AS wagon 22 kpj 6 orang William Morrison
1894 Electrobat 24 kpj P. Salom and H.G Morris
1902 Wood Phaeton 22 kpj 28 km
1905 Detroit Electric 32 kpj 128 km William C Anderson AS
1947 Tama EV 35 kpj 65 km 5 orang Nissan Corp Jepang
1964 Battronic Truck truck 40 kpj 100 km 2500 lbs Battronic Truck Coy
1971 Minicab EV minivan Mitsubishi Motor Jepang
1971 Minica Van EV minivan Mitsubishi Motor Jepang
1974 Sebring Citicar 48 kpj 64 km 2 orang Sebring-Vanguard Co
1974 Elcar 72 kpj 96 km Elcar Corporation
1975 Electric Postal Vehicle jeep mail 80 kpj 64 km 10 jam American Motor Coy
1979 Delica EV Mitsubishi Motor
1981 Kurbwatt USPS mail van 88 kpj Grumman Olson Eng
1988 EV1 sedan coupe 128 kpj 112 km 2 orang 3 &15 jam General Motor Amerika
1990 Impact EV sedan coupe 128 kpj 112 km 2 orang General Motor
1991 BMW E1 EV car 120 kpj 120 km 4 orang BMW Jerman
1991 Solectria Force sedan 112 kpj 112 km 2 orang 9 jam Solectria Corporation
1992 EXPO EV Mitsubishi Jepang
1993 Ford Ecostar van 112 kpj 160 km Ford Motor AS
1993 Chrysler EPIC Van EV van Daimler Chrysler Motor
1993 EV-50 concept car 40 kpj 178 km Toyota Jepang
1994 Libero EV Mitsubishi Motor
1995 Peugeot 106 EV city car 88 kpj 88 km 4 orang Peugeot Prancis
1995 Citroen AX EV city car 88 kpj 88 km 4 orang Citroen Prancis
1996 Renault Clio EV city car 96 kpj 96 km 4 orang Renault Prancis
1996 Chevy EV1 coupe 128 kpj 88 km 2 orang 3 jam General Motor Amerika
1997 Prairie Joy EV 120 kpj 200 km 4 orang Nissan Motor Jepang
1997 EV Plus city car 130 kpj 210 km 4 orang 6-7 jam Honda Motor Jepang
1998 Rnessa EV pasenger car 120 kpj 200 km 5 orang 5 jam Nissan Corp Jepang
1998
1998 Ford Ranger EV pick up 120 kpj 93 km Ford Motor
1999 Insight HEV sedan 2 orang regen Honda Motor
1999 Chrysler EPIC EV van 128 kpj 128 km 5 orang 6 jam Chrysler Corporation
2000 Hypermini EV city car 96 kpj 96 km 2 orang 4 jam Nissan Motor Jepang
2001 Honda Civic HEV sedan 5 orang regen Honda Motor
2001 Toyota Prius HEV sedan 5 orang regen Toyota Motor AS
2002 Toyota Prius HEV sedan 5 orang regen Toyota Motor AS
2003 Honda Civic HEV sedan 5 orang regen Honda Motor
2003 Allison Hybrid Bus HEV bus 58 orang Allison Transmission
2004 Chevy Silverado HEV pick up truck General Motor
2004 Toyota Prius HEV sedan 5 orang regen Toyota Motor AS
2005 PIVO EV concept car 78 mil 3 orang Nissan Corp Jepang
2005 Convoy88 micro car 55 kpj 50 km 1 orang 8 jam Mitsuoka Motor Jepang
2005 Elexceed RS micro car 70 kpj 60 km 1 orang 8 jam Zero Sports Corp
2005 Toyota Prius HEV sedan 5 orang regen Toyota Motor AS
2006 Highlander HEV SUV 7 orang regen Toyota Motor
2006 Toyota Prius HEV sedan 5 orang regen Toyota Motor
2006 RX400H HEV SUV 5 orang regen Lexus
2007 Highlander HEV SUV 7 orang Toyota Motor
2007 Yukon Hybrid HEV SUV 7 orang regen GMC
2007 Chevrolet Equinox HEV SUV 4 orang Chevrolet
2007 Toyota Camry HEV sedan 5 orang regen Toyota Motor
2008 Vue Green Line HEV SUV 5 orang General Motor
2008 Cadillac Escalade HEV SUV 7 orang regen General Motor
2008 Ford Fusion HEV sedan 5 orang Ford Motor
2008 Milan Hybrid HEV sedan 5 orang Mercury
2008 iMiEV EV city car 130 kpj 160 km 4 orang 0.5/ 6.5jm Mitsubishi Motor Jepang
2008 Phoenix EV SUV 153 kpj 160 km 4 orang 0.1/ 6 jam Phoenix Motorcar AS
2008 Phoenix Truck EV truk 153 kpj 160 km 4 orang 0.1/ 6 jam Phoenix Motorcar AS
2008 BMW Active X6 HEV SUV BMW Jerman
Keterangan:
EV (Electric Vehicle), HEV (Hybrid Electric Vehicle)
Kpj = kilometer per jam, km = kilometer, SUV (sport utility vehicle), regen (regenerative)
Peranan mahasiswa terhadap perkembangan mobil listrik
Beberapa di perguruan tinggi yang khusus di politeknik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar