Minggu, 28 Oktober 2012

Tugas Kewirausahaan ke-1

Nama               : Ferdy Fahlevi Gunawan
Kelas               : 4 ID 05
NPM                : 33409249
Mata Kuliah     : Kewirausahaan
Dosen               : Bpk. ASHUR HARMADI, SE
Tugas ke-         :1


1. Kewirausahaan berasal dari terjemahan bahasa inggris (entrepreneurship) yang artinya kemampuan berpikir kreatif dan beperilaku inovatif yang dijadikan dasar untuk menghadapi hidup.

2.  Wirausahawan adalah seseorang yang menciptakan sebuah bisnis baru dalam menghadapi risiko dan ketidakpastian untuk tujuan mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan mengidentifikasi peluang signifikan dan sumber daya yang diperlukan.
            Tiga jenis prilaku wirausawan :
  1. Tingkat tinggi energi, lebih energik daripada rata-rata orang.
  2. Keinginan untuk preferensi tanggung jawab atas risiko yang lebih besar, wirausahawan tidak mengambil risiko secara liar melainkan memperhitungkan terlebih dahulu risiko yang akan diambil.
  3. Orientasi terhadap masa depan. Berorientasi pada masa depan, wirausahawan kurang peduli dengan apa yang telah mereka lakukan kemarin dibandingkan dengan apa yang akan mereka lakukan besok.
3.  kunci penting seorang wirausahawan adalah bersikap kreatif, inovatif, berani mengambil resiko, dan tidak mudah menyerah. Karakteristik menurut Mc Clelland adalah
a.       keinginan untuk berprestasi,
b.      keinginan untuk bertanggung jawab,
c.       preferensi kepada resiko-resiko menengah,
d.      presepsi kepada kemungkinan berhasil,
e.       rangsangan oleh umpan balik,
f.        aktivitas energik.
Karakteristik wirausahawan sukses dengan n ACh tinggi adalah
a.       kemampuan inovatif,
b.      toleransi terhadap kemenduaan,
c.       keinginan untuk berprestasi,
d.      kemampuan perencanaan realistis,
e.       kepemimpinan terorientasi kepada tujuan,
f.        objektivitas,
g.       tanggung jawab probadi,
h.       kemampuan beradaptasi,
i.         kemampuan sebagai pengorganisasi dan administrasi.
4.   (a.) kebutuhan untuk berprestasi (n Ach), contohnya : seorang karyawan perlu mendapatkan perlakuan terhadap setiap prestasi yang dia kerjakan di kantor oleh atasannya. (b.) kebutuhan untuk berafiliasi (n Anfil), contohnya : seorang karyawan memiliki hasrat untuk berhubungan antar pribadi yang ramah dan akrab, seperti memiliki seorang teman atau sahabat di tempat kantor. (c.) kebutuhan untuk berkuasa (n Pow), contohnya : seorang atasan ingin dapat mengendalikan dan mempengaruhi bawahannya, dimana para karyawannya berperilaku sesuai yang diinginkan oleh atasan tersebut.

5.      -     Orientasi Eksternal dan Internal
-         Sumber Gagasan Bagi Produk dan Jasa Baru
-         Proses Perencanaan dan Pengembangan Produk
-         Produk – produk yang sesuai untuk perusahaan kecil
-         Arti Penting Orientasi Pemasaran
-         Matriks produk pasar
-         Kegagalan dalam memilih peluang usaha baru

6.      -     Biaya tetap
-         Biaya variabel
-         Biaya total
-         Pendapatan total
-         Keuntungan
-         Kerugian
-         Titik pulang pokok

7.  Waralaba adalah Perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa. Jenis – jenisnya:
-     Waralaba luar negeri, cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, merek sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi.
-     Waralaba dalam negeri, juga menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang-orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan cukup piranti awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba.
8.   Pemasaran langsung  adalah kegiatan yang total di mana penjualan mempengaruhi transfer barang dan jasa pada pembeli, mengarahkan usahanya pada pemerhati dengan menggunakan satu media atau lebih untuk tujuan mengumpulkan tanggapan melalui telepon,pos, atau kunjungan pribadi dari calon pelanggan. Teknik alternatifnya :
-         Periklanan terklasifikasi (classified advertising)
-         Periklanan display (display ads)
-         Kiriman pos langsung (direct mail)
-         Katalog penjualan (catalog sales)
-         Pemasaran tanggapan langsung media (media directy renponse
marketing)
9.      -     Pemilikan tunggal / perseorangan : (firma)
            Dimiliki dan dijalankan oleh 1 orang
            Pemilik tidak perlu membagi laba
-         Kongsi
            Ada perjanjian tertulis
            Dimiliki 2 orang atau lebih
            Umur perusahaan terbatas
            Pemilikan bersama atas harta
            Ikut serta dalam manajemen dan pembagian laba
-         Perusahaan Perseroaan
            Perusahaan dengan badan hukum
            Kewajiban pemilik saham terbatas pada jumlah saham yang dimiliki
            Pemilikan dapat berpindah tangan
            Eksitensi relatif lebih stabil/permanen
10.  -     Liquidasi
-         Reorganisasi
-         Rescheduling